Bibit Srikaya Atemoya Siap Tanam

Buah Srikaya Atemoya merupakan salah satu varian unggul dari buah srikaya,buah srikaya ini merupakan buah yang cukup terkenal khusus nya di negara Indonesia.

Kali ini kami akan sedikit mengulas tentang berbagai info menarik seputar buah Srikaya jenis Atemoya,yang mana di sinyalir mempunyai rasa yang sangat manis dengan balutan daging buah yang halus dan kaya akan manfaat.

Bibit Srikaya Atemoya Siap Tanam

Srikaya jenis Atemoya ini adalah varian buah srikaya yang mempunyai bentuk dominan bundar atau juga sangat mirip dengan bentuk kerucut pada pohon cemara, rata-rata buah Srikaya Atemoya ini mempunyai diameter buah antara 6 sampai 14 cm,dengan balutan serta lapisan kulit berbenjol dan juga sedikit bersisik,pada bagian daging buahnya berwarna putih cerah dan banyak mengandung air buah Srikaya Atemoya ini hampir menyerupai podeng,dan juga memiliki rasa manis seperti podeng.

Srikaya Atemoya pada masa awal ditemukan di wilayah seberang hindia barat pada abad ke 16 masehi,lalu kemudian disebarluaskan hingga pada akhirnya berada di indonesia,Srikaya Atemoya ini adalah tanaman yang mudah untuk di budidaya,tanaman ini sangat suka dengan tanah yang berbatu dan sangat cocok untuk di tanam di berbagai wilayah dan tak mengenal musim ataupun cuaca.

Buah Srikaya Atemoya yang sudah matang dapat secara langsung dikonsumsi,yang mana anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketika memakan buah Srikaya Atemoya ini yaitu  rasa yang sangat legit dan juga menyegarkan. Meskipun bukan termasuk tumbuhan asli Indonesia, keberadaan tanaman Srikaya Atemoya di Indonesia cukup dikenal luas dan juga menjadi sangat populer karena buah ini mudah ditanam.

Tanaman Srikaya Atemoya ini merupakan tanaman dengan pohon menjulang tinggi hingga 8 meter,mempunyai bentuk daun yang berselang, sederhana, lembing membujur, dengan bentang ukuran tiap daunnya mencapai 7-22 cm dan mempunyai panjang dan juga lebar sekitar 3-7 cm,Bunga pada tanaman Srikaya Atemoya akan sering muncul di dalam tandan sebanyak 3-6, pada tiap bunga mempunyai lebar 2-7 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Srikaya Atemoya merupakan sebuah buah yang memiliki kemiripan dengan sirsak,namun pada hal ini terdapat sebuah perbedaan yakni pada ukuran buah dan juga rasa buah. Buah srikaya varian atemoya ini merupakan salah satu buah yang dapat tumbuh di wilayah tropis,dan konon katanya tanaman buah ini asli dari hutan Indonesia dan buah ini juga sangat banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Bibit Srikaya Atemoya Siap Tanam

Bagian pada akar dan juga kulit kayu Srikaya Atemoya ini sangat banyak mengandung senyawa seperti flavonoid, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain. Di samping itu juga, bagian akar tanaman Srikaya Atemoya ini juga dominan sekali mengandung zat saponin, tanin, dan polifenol yang mana kandungan tersebut sangat membantu dalam menjaga metabolisme di dalam tubuh secara optimal.

Untuk akar dari tanaman buah Srikaya Atemoya ini juga sangat banyak mengandung kandungan yang tak kalah penting seperti saponin, tannin, dan polofenol.

Untuk bagian Biji buah srikaya atemoya ini juga tak luput dari manfaat yang bagus untuk tubuh,yakni banyak mengandung minyak, resin, dan tentunya juga bahan beracun yang sangat bersifat iritan. Buah Srikaya Atemoya ini baik dari daun, akar, buah, kulit kayu maupun bijinya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Bagian Srikaya Atemoya Yang Bermanfaat bagi Tubuh Manusia

Buah Srikaya Atemoya muda digunakan untuk mengatasi:

  1. Diare, disentri akut, Maag, dan Kembung
  2. pusing,kejang otot syaraf,darah tinggi,Diabetes.

Akar tanaman Srikaya Atemoya dapat digunakan untuk mengatasi:

  1. sembelit,
  2. disentri akut,
  3. depresi mental, dan
  4. nyeri tulang punggung,lemah syahwat,dan gangguan pada gigi

Daun Srikaya Atemoya ini dapat digunakan untuk mengatasi:

  1. Batuk, demam,
  2. reumatik,nyeri punggung
  3. menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi,
  4. diare, disentri,
  5. rectal prolaps pada anak-anak,
  6. cacingan, kutu kepala,
  7. menghilangkan bekas jerawat
  8. melancarkan air seni
  9. melancarkan peredaran darah
  10. pemakaian luar untuk menyembuhkan borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.

Biji  Srikaya Atemoya digunakan untuk mengatasi:

  1. pencernaan lemah,
  2. cacingan, dan
  3. mematikan kutu kepala dan serangga

Mengatasi dehidrasi.

Buah Srikaya Atemoya disinyalir banyak mengandung senyawa elektrolit dan senyawa ini merupakan senyawa yang paling mudah dalam hal menyerap dalam energi secara optimal dan akan didistribusikan ke semua tubuh sehingga sangat bermanfaat khususnya bagi penderita diare, disentri, kolera.

Menguatkan sistem imun.

Air dari sari Srikaya Atemoya ini sudah dipercaya sejak lama oleh pakar kesehatan dunia bahwa sangat ampuh untuk menutrisi sel-sel otak ketika dalam masa remaja dan dewasa,serta juga memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bakteri dan melawan virus sehingga sangat bermanfaat untuk melindungi dari penyakit gusi, infeksi saluran pencernaan, tifus, dan infeksi.

Menambah energi.

Air perasan dari buah srikaya atemoya ini dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang mana dengan ini akan membuat Anda lebih fresh dan tentunya berenergi.

Sebagai Bahan Bangunan

Fungsi utama akar dan batang pohon Srikaya Atemoya ini ternyata bisa dimanfaatkan di sebagai bahan material tradisional. Yang mana pohon Srikaya Atemoya ini mempunyai Tekstur yang sangat kokoh dan tentunya akan tahan lama,dan sudah pasti mampu menggantikan peran kayu untuk bahan bangunan. Selain dijadikan bahan bangunan, batang pohon Srikaya Atemoya juga dimanfaatkan sebagai desain interior rumah seperti : lantai, dinding, langit-langit, pintu, jendela, meja dan lain-lain.

Meredakan Gejala Demam

Akar pada tanaman Srikaya Atemoya ini dominan mengandung berbagai macam senyawa yang secara efeltif mampu menurunkan suhu tinggi bagi penderita demam. Anda bisa membuat obat herbal ini dengan cara cara menumbuk beberapa pohon Srikaya Atemoya yang sudah kering, lalu direbus menggunakan air panas. Air itulah yang nantinya akan diminum bagi penderita demam.

Tak hanya bagian buah saja yang bermanfaat,namun perlu anda ketahui juga bahwa daun dan juga akar dari buah srikaya atemoya ini juga bermanfaat untuk tubuh anda,diantaranya adalah:

Daun Srikaya Atemoya

Daun Srikaya atemoya ini mempunyai posisi berada paling atas dan menurut study di Australia,menjelaskan bahwa daun srikaya atemoya ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Daun yang masih muda ini dapat kita gunakan sebagai melancarkan aliran darah,dengan cara merebus nya lalu air rebusan tersebut di minum 2x sehari.

Daun srikaya ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati gejala pegal linu,anda bisa memanfaatkan 3 helai daun srikaya atemoya ini untuk di balurkan ke bagian yang terasa nyeri atau yang terkena linu,dengan cara merebus 3 helai daun srikaya atemoya ini,lalu kemudian buang air rebusan tersebut dan ambil ampas daun nya saja,balurkan tiap 3x dalam seminggu.

Akar Srikaya Atemoya

Akar buah srikaya atemoya ini juga dapat di jadikan untuk obat sakit gigi dan gusi berdarah,dengan cara mengunyah beberapa helai akar srikaya atemoya ini selama 10 menit,lalu lanjutkan dengan berkumur dengan air bersih.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>