Harga Bibit Durian Merah Siap Tanam

Bagi anda penggemar buah durian pasti sangat mengenal dengan jenis Durian Merah. Jika ada ungkapan bahwa buah durian dianggap sebagai rajanya buah, maka Durian Merah adalah rajanya durian. Jenis Durian Merah ini mempunyai rasa yang sangat manis, dan juga dominan mempunyai ukuran yang cukup besar dan juga berdaging tebal yang mana konon katanya buah Durian Merah ini berasal dari negeri Gajah Putih Thailand.

Harga Bibit Durian Merah Siap Tanam

Tetapi perlu anda ketahui saja, bahwa buah durian apapun jenisnya awal mula kemunculan nya ini terdapat di Negara Indonesia. Maka,tak heran jika kita sering mendengar tentang asal usul Si Raja Durian ini yang disebutkan berasal dari negara Thailand, bahkan pernah juga buah durian ini diklaim sebagai buah khas dari negara Thailand.

Baca Juga: Jual Bibit Nanas Kualitas Unggul

Hal ini dapat di ungkapkan bahwa sebagaian besar jenis buah Durian Merah yang kebanyakan dijual di negara Indonesia ini sengaja di impor dari negara Thailand, termasuk bibit pohonnya juga. Jenis Durian Merah ini juga menjadi sangat terkenal, hingga ke Indonesia,dan bahkan Durian Merah ini merajai perdagangan buah durian di seluruh wilayah di negara Indonesia.

Jenis Durian Merah ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang sangat manis dan mempunyai varietas yang snagat khas dengan daging buahnya yang tebal dan sangat halus. Setiap tahunnya, di negara Indonesia ini telah tercatat mengimpor Durian Merah hingga 19 ton dari negara Thailand. Namun,benarkah Durian Merah berasal dari Thailand?

Durian Merah Berasal Dari Jawa Tengah

Buah Durian Merah ini memang merupakan salah satu kultivar buah durian yang banyak sekali untuk dikembangkan khususnya di negara Thailand. Namun tahukah Anda, jika sebenarnya plasma nutfah atau dikenal dengan istilah bibit asli pada Durian Merah ini aslinya berasal dari wilayah Jawa Tengah, Indonesia?

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Harian Dirjen dan juga Sekretaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian Bapak Yasid Taufik ketika ditemui di kantornya, Dan beliau mengungkapkan statment seperti ini:

“Durian itu plasma nutfahnya (bibit asli) dari Indonesia, dibawa negara-negara lain dan dikembangkan bibitnya, jadilah ada yang durian Monthong, ada durian Chennai.

Dengan adanya promosi yang sangat bagus, kata Yasid, orang saat ini lebih tahu durian jenis Montong ketimbang durian Petruk, atau jenis durian Medan, atau jenis durian lainnya di Indonesia.

“Kalaupun Durian Merah saja yang ada benak banyak orang sudah pasti tebal, manis. Kalau durian dengan kualitas lokal tentunya orang masih menerka apakah dagingnya tebal, manis atau malah cenderung mempunyai tekstur tipis,” ucapnya.

Namun sebenarnya di negara Indonesia sendiri memiliki jenis durian yang sangat banyak. Namun,semua terhambat akibat penanganan perkebunan durian yang masih sangat tradisional dan hal inilah yang menyebabkan promosi durian lokal yang tidak merata di berbagai wilayah, sehingga pamornya kalah dengan Durian Merah.

Serba Serbi Buah Durian Merah

Raja buah durian ini biasanya menjadi buah yang sangat favorit jika musim panennya telah tiba. Beberapa orang mungkin tidak akan menyukai buah durian karena terkendala dengan bau durian yang sangat kuat, namun akan tetapi sebagian orang yang lain justru akan sangat menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya.

Bagi mereka yang sangat menyukai buah durian, maka biasanya cenderung akan sulit untuk berhenti mengkonsumsi buah durian tersebut. dan dengan inilah muncul banyak mitos tentang kesehatan yang berkembang di sekitar buah yang di selimuti oleh duri-duri tajam ini, diantaranya ada yang mengatakan jika buah durian ini mempunayi kadar kolesterol yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *