Harga Bibit Nanas Siap Tanam

Tanaman buah Nanas merupakan jenis buah yang cukup terkenal dan tentunya sangat mudah dijumpai di mall maupun pasar buah tradisional. Tanaman nanas juga mempunyai ciri khas berwarna kuning cerah,namun ada juga variteas lain dari buah nanas yang mempunyai warna kuning gelap.

Buah Nanas ini merupakan jenis tanaman yang sangat cocok di tanam di wilayah Indonesia sehingga untuk sekarang ini telah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia ukuran buah nanas ini  sangat besar, yaitu sekitar 2,5 kg per buah.

Harga Bibit Nanas Siap Tanam

Sebagaian besar bentuk buah nanas ini sekilas mirip dengan bentuk sebuah silinder dengan bagian ujung lebih kecil dibandingkan pada bagian pangkal, bila sudah matang, kulit buah berwarna kuning oranye dan berbelang dengan warna hijau mencolok dan bermata buah datar,sedangkan pada daging buahnya berwarna kuning pucat sampai kuning tua bila sudah matang.

Baca Juga: Khasiat Utama Buah Sirsak

Nanas jenis cayenne ini lebih segar dan mantap dibandingkan dengan nanas bogor ataupun nanas palembang, Tanaman Nanas ini memiliki rasa daging buah yang agak asam tapi lebih dominan manis, kandungan airnya juga lebih banyak, dan terdapat serat buah yang cukup kasar.

Syarat Tumbuh Buah Nanas

Tanaman nanas ini sangat mudah untuk ditanam dan pastinya tanaman ini dapat tumbuh secara subur ketika ditanam di wilayah dataran rendah maupun tinggi akan tetapi, pertumbuhan yang optimum dapat terjadi pada ketinggian antara 100-900 m dengan media tanam tanah yang basah dan banyak air,maka bila di tanam di daerah kering.

Kemudian untuk tanahny sendiri setidaknya memiliki banyak sistem pengairan yang baik dengan rata-rata kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 250 cm,sedangkan untuk suhu udara rata-rata harus sekitar 90° C dan kondisi tanah harus ringan hingga sedang dengan tekstur setengah berat atau liat, porous, clan berhumus banyak,maka dengan derajat semacam ini maka tingkat keasaman buah nanas akan mendominasi,dan tentunya di jual tidak laku di pasaran.

Agar penanaman buah nanas ini sesuai dengan harapan,maka untuk menanam buah nanas ini berkisar antara 4,5-5,5 kesuburan tanah tidak menjadi kendala pertumbuhannya, asalkan kebutuhan zat haranya terpenuhi.

Pedoman Budidaya Buah Nanas

 Tanaman Tanaman Nanas ini dapat  diperbanyak dengan cara anakan yang keluar dari pangkal batang namun, adakala nya di perbanyak  dengan cara stek atau teknik lain seperti slips dan mahkota pada batang nanas dan juga mahkota bunga dapat dipotong dengan cara dibelah untuk dijadikan bibit antara anakan tunas batang dan mahkota terdapat perbedaan sifat fisiologis.

Untuk urusan umur,tanaman ini bergantung pada jadawal berbunga dan juga melihat sisi produksinya,makin ke bagian atas maka tanaman nanas ini akan sangat bagus prospeknya, usianya juga akan semakin panjang dan nilai produksinya akan semakin rendah, namun jika umur tanaman yang berbunga ini tidak menjadi persoalan karena pembungaan tanaman nanas dapat diatur dengan memberikan zat tumbuh, di satu sisi anda dapat menggunakan sebuah metode yang banyak di gunakan oleh petani.

Tanaman Nanas ini sangat menyukai kolaborasi pupuk yang menggunakan karbid dan ethrel 80 PGR,tentunya dengan campuran semacam ini dapat berfungsi sangat baik bagi buah nanas yang masih dalam keadaan bibit atau 3 bulan pasca masa tanam.

Tanaman Nanas dapat di tanam dengan cara dan sistem dua-dua baris dengan jarak masing-masing antara 70 cm x 70 cm dan jarak antar baris nya hanya berkisar 250 cm namun buah nanas ini dapat pula ditanam pada jarak antara 50-70 cm semakin rapat jarak tanamnya, maka buah yang dapat di hasilkan akan semakin kecil untuk kebutuhan industri pengalengan biasanya diperlukan buah berukuran kecil .

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>